Flame, Bakar-Bakar!

23 Mar 2012

Oke, sekarang aku bakal ngebahas tentang flame dan flamer. Tapi bukan jenis bahasan yang serius seperti di forum-forum fanfiksi, lho.. Ini menurut perspektif aku aja, sebagai reader dan fanfiction writer :)


Widiiih... gambarnya aja serem, ya? Membakar mata gitu. Tapi aku di sini ga akan ngebahas gambarnya. Hihi...

Jadi awal perkenalanku dengan istilah flame ini ya gak lain dan gak bukan adalah di situs kita tercinta, fanfiction.net. Dan tepatnya di fandom Naruto Indonesia yang sering rusuh itu. Jadi dulu, sebelum FNI seramai sekarang, ada sebuah akun yang dibuat oleh sekelompok author--aku ga akan nyebut merk, ya--Jadi mereka ini membuat akun itu, tujuannya sih buat semacem membersihkan fandom dari tulisan-tulisan (yang menurut mereka) ga layak.

Awalnya sih aku gak terlalu ngerti apa itu, berhubung gak pernah dapet review dari 'dewa-dewa' itu (ehm XD) sendiri. Jadi iseng deh ngebacain review page punya temen-temen author yang lain, yang kebetulan dapet. Dan alhasil, aku kaget lah, jujur aja. Bahasanya itu lho... formal tapi nusuk. Aku sendiri kalo dapet kata-kata seperti itu di review page-ku mungkin bakalan nangis deh. Heuheu...

Nah, jadi pembicaraan hangatlah si fenomena ini, yang aku tau kemudian kalau itu namanya flame. Hmm... pengetahuan baru nih. Di thread itu rame deh orang-orang pada berkeluh kesah ficnya di-flame, menghujat, dll. Aku yang ga pernah ikutan nimbrung mau ga mau jadi agak ketar-ketir juga, takut kalo ficku juga ikut kesamber. Tapi lambat laun, dari awalnya si flamer itu dihujat habis-habisan, lama-lama kok jadi banyak yang muja, ya? Aku sendiri ga ngerti. Dan gak lama setelah masa si flamer pertama ini, muncul deh flamer-flamer lain yang seakan mengikuti jejaknya, membakar review page dari fanfic-fanfic (yang menurut mereka) ga layak.

Flamer ini juga macem-macem jenis reviewnya. Ada yang nge-flame ceritanya, ada yang ngasih sedikit kritik tapi tetap dengan bahasa sok formal nan tajem, ada yang nge-flame pribadi authornya, nge-flame fic-fic lemon, nge-flame pairing yang berseberangan sama pairing idolanya dia, sampe yang suka ngabsenin seisi kebon binatang (iseng amat. Hihihi...)

Nah, flame dan flamer ini gimana sih, menurut kalian?

Kalo aku sih sejak dari awal udah antipati banget sama yang namanya flame. Flame itu gak ada baik-baiknya, menurutku. Isinya hanya hujatan kosong yang ga ada artinya. Tapi yang bikin heran, kenapa banyak banget yang setuju bahkan memuja yang namanya flame dan flamer ini? Memangnya gak bisa ya, memberi kritik membangun dengan cara yang lebih baik dari pada menghujat dan menjatuhkan begitu? Padahal menurutku ini adalah bentuk bullying di dunia maya dan sama sekali gak beretika. Mungkin ini adalah bentuk degradasi moral dari para fanficers-nya sendiri, gak tau juga.

Dan yang sulit dibedain lagi nih, terutama oleh teman-teman author yang masih awam sama dunia fanfiksi yang keras *halah*, antara flame dan kritik membangun (bahasa kerennya, concrit). Gak sedikit yang ngeluh kena flame, padahal waktu dilihat di page reviewnya, ternyata concrit. Bahkan ada yang menyamakan antara concrit dan flame. Kalo flame ada concrit-nya, berarti flame yang benar. Kalo gak, berarti flame yang salah. Atulaaah... flame mana ada yang bener. Flame ya flame, concrit beda lagi.

Satu hal lagi yang aku ga suka dari flame, kekuatan memecah-belahnya itu kuat banget. Dulu pernah ada kejadian kan, dua author yang tadinya sahabatan, tapi terpecah gara-gara flame. Author pertama yang diflame sama sahabatnya pake puppet acount flamer, marah besar dan ga mau bicara lagi sama sahabatnya itu. Sayang, tapi bisa dimengerti juga sih. Aku sendiri lebih suka temanku ngomong langsung di depanku kalo mau ngeflame dari pada ngumpet di balik akun palsu. Juga pairing war, chara war, dan hater yang sekarang bertebaran, menurutku itu adalah dampak dari flame.

Dan aku sendiri udah beberapa kali kehilangan respek sama author yang tadinya kukagumi gara-gara kasus yang ga jauh beda kaya gitu. Hohoho...

Peace, ah...

1 komentar:

Ham-sama mengatakan...

jangan percaya ama profokator,, flame atau bukan.. dengerin yang baik aja.. ya kan?.. flamer tuh kyak Hitler nya fanfiction.net. ngaruhin orang buat jadi sekutunya..tapi paling enggak masih ada reader yang reviewnya mutu di fanfiction..

Posting Komentar